Senin, 19 Oktober 2015

BAHASA INDONESIA

1. Apa arti Bahasa Indonesia?
Bahasa Indonesia adalah bahasa Melayu yang dijadikan sebagai bahasa resmi Republik Indonesia[1] dan bahasa persatuan bangsa Indonesia.[2] Bahasa Indonesia diresmikan penggunaannya setelah Proklamasi Kemerdekaan Indonesia, tepatnya sehari sesudahnya, bersamaan dengan mulai berlakunya konstitusi. Di Timor Leste, bahasa Indonesia berstatus sebagai bahasa kerja.
2. Bagai mana tahapan mencapai puncak kecerdasan berbahasa?
1. cara untuk mencapai puncak kecerdasan tersebut dapat diperoleh dengan 5 cara,yang pertama seringlah membaca KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia).Di dalam KBBI terdapat kata-kata yang sudah di tetapkan menjadi bahasa Indonesia, dan semuanya merupakan kata yang baku dengan membaca KBBI pengetahuan kita akan kata-kata baku di dalam bahasa Indonesia akan bertambah dan itu menjadi salah satu poin untuk menjadi cerdas dalam berbahasa Indonesia.
2. Yang ke-2 yaitu dengan cara mendalami ilmu bahasa Indonesia,misalnya mengenai EYD (Ejaan yang Disesuaikan),cara berbicara yang baik dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar, yang baik sesuai dengan tempat dimana kita berada dan benar sesuai dengan EYD.
3. Yang ke-3 yaitu dengan lebih sering membaca paper-paper, koran, dan majalah yang bermutu serta berkualitas untuk belajar sekaligus mendalami pengetahuan kita tentang kata dan kalimat yang baik dan benar.
4. Yang ke-4 yaitu dengan berusaha menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar di dalam setiap percakapan dengan setiap individu.Dengan seringnya kita menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar di dalam setiap percakapan maka kita akan semakin cerdas dalam berbahasa Indonesia.Dan yang terakhir yaitu aktif dalam organisasi,rapat,debat,dll,karena di dalam kegiatan-kegatan tersebut mau tidak mau kita harus berbicara atau berdiskusi yang dari kegiatan tersebut kemampuan kita dalam berbahasa Indonesia akan lebih baik
5. Poin yang terakhir berbeda dengan poin yang ke-4 karena poin yang terakhir tidak melakukan percakapan dengan individu saja melainkan dengan banyak individu.Tidak sedikit pribadi yang apabila berkata-kata di depan umum akan terbata-bata,namun dengan seringnya kita berbicara di depan umum maka kemampuan kita dalam berbahasa Indonesia akan menjadi lebih baik.Melalui poin-poin tersebut,dari cara yang paling sederhana dengan membaca KBBI sampai dengan berbicara di depan umum akan membuat kita cerdas dalam berbahasa Indonesia.
3. Buatlah paragraf 5 - 7 kalimat yang berisi!
- Ekspresi diri : Saya merasa senang, karena saya lulus kuliah tepat waktu.
4. Buatlah kalimat menggunakan unsur:
A. Kosakata Ragam Bahasa Lisan! 1. Saya sudah kasih tahu mereka tentang hal itu. 2. Mereka lagi bikin denah untuk pameran entar. 3. Pekerjaan itu agak macet disebabkan karena keterlamatan dana yang diterima.
B. Bentuk Kata Bahasa Lisan! 1. Kendaraan yang ditumpanginya nabrak pohon mahoni. 2. bila tak sanggup, tak perlu lanjutkan pekerjaan Itu. 3. Fotokopi ijazah harus dilegalisir dahulu oleh pemimpin akademi.
C. Struktur Bahasa Lisan!
1. Rencana ini saya sudah sampaikan kepada Direktur. 2. Dalam “Asah Terampil” ini dihadiri juga oleh Gubernur Daerah Istimewa Aceh. 3. Karena terlalu banyak saran yang berbeda-beda,sehingga ia makin bingung untuk menyelesaikan pekerjaan itu.
sumber :
https://id.wikipedia.org/wiki/Bahasa_Indonesia http://thislikemylife.tumblr.com/post/465585863/cara-mencapai-puncak-kecerdasan-berbahasa http://zafmablog.blogspot.co.id/2011/12/bahasa-tulis-dan-bahasa-lisan-tutur.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar